Thursday, December 22, 2016

Cara Merawat Kenari Mabung ( Molting)

Mungkin anda yang sudah lama memelihara burung kicau sudah tidak aneh ketika burung kicau atau kenari rontok bulu atau yang sering disebut mabung (molting), kalau bulu kenari sudah rontok nanti akan tumbuh bulu baru yang lebih bagus biasanya mabung pertama saat kenari anda masih berumur 4-5 bulan dan mabung ke 2 saat burung kenari umur 1 tahun.

BACA JUGA :

cara merawat kenari mabung

Banyak yang belum mengerti dan salah saat memelihara kenari mabung banyak yang memaksa kenari mabung untuk tetap bunyi dan banyak yang bangga saat kenari mabung padahal itu sangat patal tidak baik untuk kenari anda.

Cara tepat memelihara kenari mabung bisa mempercepat tumbuhnya bulu baru dan nantinya akan bunyi bahkan bisa lebih bagus karena burung kenari mabung biasanya akan dari nol lagi jadi saat mabung bisa dimaster agar nanti suaranya lebih bagus dari sebelumnya.

Berikut adalah cara tepat memelihara kenari molting atau mabung.

Cara Memelihara Kenari Mabung (molting)

  • Angin-anginkan kenari anda karena saat kenari mabung tidak membutuhkan asupan cahaya bahkan kalau kenari anda sedang mabung terus dijemur bilu yang nantinya tumbuh akan tidak bagus.

  • Jagan memandikan kenari kalau kenari anda sedang mabung karena akan menghambat tumbuhnya bulu baru, jadi biarkan saya kenari jangan dulu dimandikan nanti kalau sudah normal lagi baru mandikan lagi seperti biasanya.

  • Memberikan makanan yang tepat, karena saat mabung makanan yang benar akan memercepat tumbuhnya bulu baru untuk kenari anda, makanan protein karatin tidak boleh lebih dari 30% karena kalau lebih biasanya akan sering bunyi dan tidak dibolehkan kalau kenari sedang mabung berbunyi (gacor).

    Makanan yang tepat untuk kenari mabung diantaranya eggs food karena kandungan protein dari eggs food hanya 23%, biasanya makanan ini sebagai sumber energi dan sumber dari biotin.


  • Jangan dikerodong terus, banyak yang salah kenari yang mabung banyak yanh di full kerodong karena kenari saat mabung butuh angin segar dan udara jadi kalau di full kerodong atau di kreodong terlalu lama tidak baik untuk kenari mabung anda yang nantinya akan menghambat.

Jadi kesimpulannya jangan merawat terlalu berlebihan saat kenari mabung, jangan karena ingin cepat bunyi lagi malah tidak maksimal.

Itulah beberapa cara merawat kenari mabung atau kloning semoga artikel yang saya buat bisa bermanfaat.

Terimakasih sudah membaca Cara Merawat Kenari Mabung (Molting),Salam Kenari Mania.

No comments:

Post a Comment